Sticky Mango Purple Rice

Sticky mango
Sticky mango

Ngomong-ngomong tentang sticky mango nih yaa… benernya makanan ini udah booming dari beberapa tahun silam yaahh.. Tapi aku ragu buat mau coba.. hahaha… Nggak kebayang dah rasanya gimana rasanya tuh mangga di makan sama ketan??? Nah, beberapa bulan yang lalu aku baru nyobain yang namanya sticky mango.. hahaha… iya aku kudet.. hahaha… eh ya ampun enaak poollll… yang aku beli itu ketannya warna ijo wangi pandannya semerbak.. nah, karena aku lagi ada ketan item dan mangga jadi coba bikin deh.. hehehe

Ga pake lama dah ini siapin bahan-bahannya dulu yhaaaa….

  • 1 cup / 250gr ketan hitam
  • daun pandan 1 helai
  • Mangga sesuai selerašŸ˜

Rendaman ketan

  • 65 ml santan kental
  • 1 sdm gula
  • 1/2 sdt garam

Saus Santan

  • 250 ml air
  • 65 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula
  • 2 sdm tepung beras

Langkah Langkah

  1. Rendam Semalaman ketan hitamnya

    Langkah ini penting banget.. kalo ketannya nggak di rendam semalaman, bakal keras dan nggak matang sempurna

  2. Cuci ketan dan masak menggunakan rice cooker

    cuci ketannya lalu masak di rice cooker seperti memasak nasi biasa. air 1 ruas jadi dan tambahkan daun pandan biar makin wangiiii…

  3. Buat rendaman untuk ketan

    selagi menunggu ketannya matang kita bikin dulu rendamannya.
    Rendaman ini berguna buat memberi rasa di ketannya. campur semua bahannya
    65 ml santan kental
    1 sdm gula
    1/2 sdt garam
    aduk hingga merata.

  4. Campur ketan yang sudah matang dengan rendaman santan

    Setelah ketannya matang masukkan ketan tersebut kedalam campuran di atas tadi.. aduk adukk hingga rata.
    karena cairannya masih banyak jadi kita masak lagi di atas kompor hingga airnya berkurang dan kental. Kemudian sisihkan.

  5. Membuat saus santan

    campur kedalam panci
    2 sdm gula
    250 ml air
    65 ml santan kental
    1 sdt garam
    nyalakan api aduk hingga mendidih, lalu siapkan 2 sdm tepung beras dengan sedikit air aduk hingga rata.
    masukkan air tepung beras tersebut masak hingga sausnya terasa lengket dan kental

  6. Sajikan!!

    tata ketan diatas piring beri mangga kesukaan kalian, siram dengan saus santan dan beri taburan wijen putih supaya makin cakep.. Selamat mencobaaaa….

Tips

– Santannya 65 ml ukuran 1 bungkus santan kara yang kecil yaa..

– jangan lupa buat rendam ketannya semalaman yaa.. supaya jadinya pulen dan empuukk…

– Mangga yang dipakai lebih enakan kalo pake mangga yang manis yaa.. waktu pertama coba pake mangga yang kurang matang rasanya kurang nendang… hahahah

Maria Steffanie

Sekian resep dari kita, kalo kamu recook jangan lupa di upload dan tag di IG kita yah di @gluttonwanderers .. Thank YOU…

Be the first to comment

Leave a Reply