Homemade Anko (Red Bean Paste)

homemade anko
homemade anko

Haiii… kali ini kita mau bikin Homemade anko / redbean paste atau isian Kacang merah, biasa untuk isian jajanan jepang nih… anko ini bisa untuk campuran ice cream, isian mochi, isian bakpao, isian roti, dll segala macam yang mau diisi kacang merah dah.. šŸ˜

Jangan lupa like dan subscribe chanel kita yaaaa

Untuk jenis kacang merahnya ada 2 macam kacang merah yang aku tau nihh… yang satu besar-besar dan warnanya lebih pudar (lebih umum dan murah ) kalo yang satu lagi ukurannya lebih kecil seperti kacang kedelai tapi warnanya ungu pekat ( yang biasa orang jepang pakai dan harga lebih mahal) untuk di resep ini aku pakai yang kecil. Tapi biasanya aku pake yang gede-gede itu.. untuk rasa kalo buat aku nggak beda sih.. hahaha.. sama aja dan sama enaknya…

Jenis kacang merah
Jenis kacang merah

Bahan yang perlu disiapkan

  • 200 gr kacang merah
  • 200 gr gula
  • 1/4 sdt garam
  • air secukupnya

Langkah-langkah membuat homemade anko

  1. Rendam kacang merah semalaman

    Kurang lebih sekitar 6 jam. setelah direndam kacang merah akan mengembang

  2. Cuci kacang merah yang sudah direndam

    Buang air rendaman kacang merah lalu dicuci dengan air mengalir

  3. Rebus kacang merah

    Masukkan kacang merah kedalam panci, kemudian beri air dengan kedalaman 1 ruas jari ( seperti memasak nasi) nyalakan api. rebus hingga kacang merahnya empuk

  4. Siap dimasukkan gula dan garam

    Sisihkan kacang merah dengan airnya ( jangan dibuang dulu) kemudian masukkan lagi kacang merah kedalam panci lalu masukkan gula dan garam. panaskan dengan api kecil hingga bener-benar empuk dan lengket jika airnya dirasa habis beri sedikit air dari air rebusan yang tadi sekitar 3 sendok makan saja jangan terlalu banyak.

  5. Angkat dan simpan di dalam wadah

    Setelah dingin teksturnya akan lebih pekat dan seperti pasta

Homemade anko-nya siap untuk dipakaaiii… selamat mencobaaa…

Tips

– Untuk penyimpanan di kulkas hanya tahan selama 3-5 hari saja

– Homemande anko bisa disimpan di frezzer lebih dari 1 bulan

Maria Steffanie

Sekian resep dari kita, kalo kamu recook jangan lupa di upload dan tag di IG kita yah di @gluttonwanderers .. Thank YOU…

Be the first to comment

Leave a Reply