Site icon Glutton Wanderers

Mochi Bread, Roti tekstur mochi!!!

Mochi Bread

Mochi Bread

Roti ini pertama kali aku makan langsung jatuh cinta!! huehehehe.. Biasa belinya di M**son F**rie, dan ada juga di toko roti ala Jepang di Tunjungan Plaza yang huruf depannya S. Roti ini punya bentuk yang biasa aja cuman bulet terlihat bertepung dan ada wijen hitamnya.

Check videonya di Youtube yaaa.. jangan lupa like & subscribe 😀

Awalnya beli Mochi bread ini emang penasaran aja sih apa itu roti mochi dan rasanya gimana, Nah setelah beberapa kali aku beli roti ini nemu nih resepnya di Youtube. Ya elah tapi zonk banget rasanya!! Gagal total dan karena pake tepung ketan itu kan ada bau khas-nya yang gimana gituu. Berakhir-lah mereka di tong sampah dengan rasa kecewa karena gagal, hiks. Setelah agak kapok bikin yang namanya Mochi bread gak sengaja nih nemu resep dan tutorial yang keliatan mirip dan dari bahan plus cara bikinnya beda banget sama yang dulu aku bikin. DAAANNN… taraaaa… akhirnya aku bisa bikin mochi bread dirumah bahkan kata mas Glutton malah lebih enak dari pada beli.. beuhhh.. seneng banget dah..

isi Mochi bread

Beginilah bentuk dan bagian dalamnya. luarnya kering, bagian dalamnya kenyal, berongga dan wijen itemnya itu juga bikin makin maknyuusss… 1x bikin ini jadi 18 biji roti, ukurannya menyesuaikan selera yah guys. Ini aku bikinnya kecil-kecil biar berasa banyak aja. haha.. Apalagi ada si unyil tuh pikirnya bikin kecil-kecil nih biar dia kalo makan bisa langsung abis, ternyata dia sekali makan bisa langsung habis 3 biji lho saking doyannya…

Cara bikinnya ini juga nggak susah kok, gampang bangeet, caranya hampir mirip sama bikin adonan soes atau Churros. Hanya saja ini tepungnya pake 2 macam… ah nggak usah panjang lebar langsung cek resep dan cara bikinnya yuuukkk…

Bulet -bulet unyu dan eyakk!!

Bahan

Siapkan Bahan

Cara membuat

Mochi bread

  1. Pre Heat Oven

    di suhu 180 derajat Celcius, api bawah.

  2. Ayak tepung terigu protein tinggi

    tujuannya supaya tepungnya bersih dan tidak menggumpal.

  3. Siapkan Panci dan Spatula

    Masukkan butter, susu, garam dan gula. Taruh diatas tungku api dengan api kecil aduk-aduk hingga butternya leleh.

  4. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak

    Saat memasukkan tepung terigu pastikan terus diaduk dengan agak cepat supaya tidak menggumpal. aduk terus hingga adonan mengental dan warnanya berubah agak tranparant.

  5. Matikan api pindah ke meja

    Aduk-aduk hingga uap panasnya berkurang, masukan tepung tapioka secara bertahap. aduk-aduk hingga adonannya tercampur rata .

  6. Mulai mengaduk dengan telur

    disini aku 2 telurnya nggak kepake semua tersisa sekitar 10%, Nah disini tergantung penyerapan telur di tepungnya (karena ukuran tiap telur kan bedanya bisa jauh). Aduk-aduk adonannya masukan telur secara perlahan. Jika dirasa sudah cukup (adonan sudah terlihat lembek) sudah telurnya jangan dimasukkan semua (teksurnya bisa dilihat di video).

  7. Wijeenn!!

    setelah tercampur rata masukkna wijen hitam aduk-aduk hingga tercampur, kemudian masukkan ke dalam plastik segitiga.

  8. Siapkan loyang dan kertas baking/silpat

    Semprotkan adonan mochi bread tadi , ukurannya sesuai dengan selera yaaa… kalo punya aku jadi 18 pcs.

  9. Oven!!

    Oven mochi bread selama 20-25 menit ( tergantung ukurannya yaa)
    jika sudah matang rotinya akan mengembang menjadi bulat.

  10. E.N.J.O.Y

    Sajikan selagi hangat.

Tips

Pastikan saat memasak tepung terigu dan lainnya itu benar-benar menjadi kental tandanya saat akhirnya ada sedikit lengket di bagian bawah pancinya. Langsung matikan apinya.

Untuk tekstur adonan pas kasih telur bisa liat di video nya yaa.. Kalo kebanyakan telur jadi terlalu encer dan ga bisa ngembang jadi roti..

Maria Steffanie

Sekian resep dari kita, kalo kamu recook jangan lupa di upload dan tag di IG kita yah di @gluttonwanderers .. Thank YOU…

Exit mobile version